Friday 13 November 2015

Terkenalnya ayam betutu di Bali

Terkenalnya ayam betutu di Bali - Apabila Gilimanuk terlampau jauh untuk anda, jadi warung makan yang sediakan menu ayam betutu a la Men Tempeh yang ada di daerah seputar Denpasar serta Kuta yaitu Warung Makan Ayam Betutu Gilimanuk, yang dikelola oleh Anak Agung Oka Suci, yang pada awalnya beli semua ayam betutu yang di jual di warung makannya dari Men Tempeh di Gilimanuk, tetapi lalu membuatnya sendiri. Ayam Betutu http://resep4.blogspot.com/2015/09/resep-ayam-betutu-bali-asli.html juga banyak di jual di Pasar Malam Gianyar, jadi apabila anda kebetulan ada di seputar Gianyar, tak ada kelirunya mencicipi satu diantara masakan kesukaan orang Bali ini disana. Tetapi apabila anda pengagum rasa pedas, yang paling cocok untuk anda pastinya Ayam Betutu Men Tempeh yang ada di Gilimanuk.

Sistem pembuatan Ayam atau Bebek Betutu lebih kurang seperti berikut : ayam atau bebek yang bakal dibetutu awal mula dibikin bersih, jeroannya dikeluarkan serta dibikin bersih, lantas kulitnya dilumuri dengan beragam bumbu rajang (tak diulek namun dipotong kecil-kecil) yang terbuat dari kombinasi bawang merah, bawang putih, serai, daun limau, kemiri, jahe, kunyit, kencur, merica hitam, ketumbar, lombok, terasi serta garam http://resep4.blogspot.com/2015/08/resep-membuat-capcay-seafood-kuah.html . Beberapa bumbu itu dimasukkan ke rongga dada lantas ditutup. Ayam atau bebek yang telah dibumbui ini lantas dibalut dengan sebagian lapis daun pisang atau pelepah pinang (upih) lantas dikukus sepanjang seputar satu jam, lalu diangkat. Lalu, ayam atau bebek tadi dipanggang sepanjang seputar satu jam didalam serabut kelapa yang ditaburi sekam dengan dibolak-balik sekian kali agar dagingnya rata matangnya. Apabila telah masak, dagingnya jadi sekian lembut hingga mudah lepas dari tuang-tulangnya.

Satu ekor ayam betutu umumnya cukup untuk empat orang, disajikan dengan nasi putih, kacang goreng, serta sayur Gonde (sayur khas Bali) atau kacang panjang, dibarengi bumbu mentah khas Bali (basa matah) serta bumbu goreng http://resep4.blogspot.com/2015/09/resep-membuat-tongseng-sapi-empuk-enak.html . Kita dapat pesan ayam betutu kering atau ayam betutu dengan kuah yang dibungkus dengan wadah anyaman bambu ini untuk dibawa pulang juga sebagai oleh-oleh atau cendera mata, Ayam Betutu serta Bebek Betutu.

1 comment:

  1. Bee Moringa - Best Herbal Medicines largest in Indonesia
    Bee Moringa is a site that provides a variety of herbal remedies including gout medication , high blood pressure and diabetes medications and other traditional drugs.
    obat herbal HIV AIDS

    ReplyDelete